Halaman

Selasa, 15 Januari 2013

5 Cara Pemupukan Kelapa Sawit Yang Benar


5 Cara Pemupukan Kelapa Sawit Yang Benar. Kelapa sawit adalah tanaman tahunan yang membutukan pupuk karena unsur hara yang ada tersedia di dalam tanah sudah berkurang akibat pertumbuhan tanaman, produksi tandan buah segar, erosi akibat hujan dan juga ada pupuk yang menguap ke udara karena efek cuaca dan yang terakhir adalah akibat dari gulma. Dalam artikel kali ini akan di bahas mengenai cara pemupukan kelapa sawit

Pemupukan tanaman kelapa sawit memiliki 4 konsep yaitu : 1. Tepat Jenis, 2. Tepat Dosis, 3. Tepat Tempat, 4. Tepat Cara dan 5. Tepat Waktu
1. Tepat Jenis
Tepat jenis berarti pupuk yang di berikan harus tepat jenisnya. Tanaman kelapa sawit membutuhkan 5 jenis pupuk yaitu Urea/Za, MOP/KCL, Dolomite/Kieserite, TSP/SP/RP dan terakhir adalah Borate. Kelima jenis pupuk ini harus di berikan pada tanaman kelapa sawit lengkap setiap tahunnya baru dikatakan tepat jenis.

2. Tepat Dosis
Tepat dosis adalah dosis yang di berikan kepada tanaman kelapa sawit sesuai dengan kebutuhannya sesuai dengan umur tanaman kelapa sawit tersebut.

3. Tepat Tempat
Tempat yang baik untuk menabur pupuk kelapa sawit adalah piringan dan gawangan dengan syarat piringan atau gawangan dalam kondisi yang bersih dari gulma terutama gulma yang berbahaya.

4. Tepat Cara
Tepat cara berarti pupuk yang di berikan pada tanaman kelapa sawit harus sesuai dengan cara yang benar. Cara yang benar adalah dengan di tabur secar merata tidak boleh menggumpal.

5. Tepat Waktu
Waktu juga sangat menentukan efektifitas pemupukan tanaman kelapa sawit. Pupuk urea/Za sebaiknya di taburkan di bulan 2 dan 8. Untuk pupuk MOP di tabur di bulan 3. Pupuk Dolomite dapat di tabur pada bulan 1 dan 5. Untuk pupuk TSP/RP sebaiknya ditabur di bulan 4. Pupuk Borate dapat di tabur saat musim kemarau seperti bulan 6 dan 7. Itu adalah waktu yang tepat untuk pemupukan tanaman kelapa sawit.

Demikianlah 5 cara pemupukan kelapa sawit yang benar, semoga dapat bermanfaat dan membantu.
Anda sedang membaca artikel berjudul 5 Cara Pemupukan Kelapa Sawit Yang Benar dengan url http://beritatanpabatas.blogspot.com/2013/01/5-cara-pemupukan-kelapa-sawit-yang-benar.html, Jika suka anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar