Halaman

Jumat, 18 Januari 2013

7 Penyebab Banjir di Jakarta


7 Penyebab Banjir di Jakarta. Saat ini Ibu Kota negara kita sedang di landa bencana banjir yang sudah di tetapkan sebagai bencana alam, kenapa hal ini bisa terjadi? ini mungkin menjadi pertanyaan besar kenapa banjir besar bisa melanda Jakarta.

Menurut informasi yang di cari BTB di internet ada beberapa hal yang menyebabkan banjir besar di Jakarta. Berikut adalah beberapa penyebab banjir tersebut :

1. Pendangkalan Sungai
Pendangkalan sungai terjadi karena penyempitan dan endapan tanah serta sampah yang terjadi di sungai sehingga volume air yang bisa di tampung menjadi berkurang akibatnya air menjadi tumpah kedaratan alias banjir. Daya tampung 13 sungai yang terdapat di Jakarta mencapai 8 juta meter kubik, sedangkan Kanal Banjir Barat (KBB) sanggup menampung volume air 500.000 meter kubik per detik. Meski demikian, semua menjadi tidak berlaku saat hujan terus mengguyur tanpa henti.

2. Curah Hujan
curah hujan di Jakarta saat ini masih berada di kisaran 95 milimeter, dan di wilayah hulu (Puncak, Bogor) masih di bawah 75 milimeter. Angka ini jauh dibandingkan hujan yang mengguyur Jakarta pada 2007 yang mencapai 320 milimeter.

3. Daya Serap Tanah
Dengan kondisi tanah Jakarta yang jenuh, akibatnya hanya 15 persen yang mampu terserap dan sisanya tumpah di permukaan. sehingga menyebabkan air mengalir di permukaan alias banjir lagi.

4. Laju Pembangunan di Puncak
laju pembangunan yang tak terkendali menyebabkan hilangnya fungsi resapan air di kawasan Puncak. »Kehilangan fungsi resapan hingga 50 persen dibandingkan kondisi 15 tahun lalu,” kata Kepala Pusat Studi Bencana IPB, Profesor Euis Sunarti.

5. Daerah aliran Sungai Rusak
Daerah Aliran Sungai Ciliwung semakin parah dari tahun ke tahun. Gejalanya, menurut dia, dapat dilihat secara kasat mata yakni ketika debit meninggi dan sungai meluap: airnya coklat gelap.

6. Penurunan Permukaan Tanah
penurunan muka tanah akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ery Basworo menyatakan ini ketika menjelaskan mengapa ruas Jalan Daan Mogot dan sebagian titik di Jakarta Barat bisa ikut terendam.
Penurunan tanah yang mencapai 10 sentimeter per tahun jelas mampu menciptakan cekungan. »Ini banyak di Jakarta Barat dan Jakarta Utara,” katanya.

7. Air Laut Pasang
Air pasang laut juga lagi tinggi sehingga volume menampung air jadi tak berlaku," ujar Firdaus.

Demikian informasi tentang penyebab banjir di Jakarta yang di kumpulkan dari beberapa sumber di Internet.
Anda sedang membaca artikel berjudul 7 Penyebab Banjir di Jakarta dengan url http://beritatanpabatas.blogspot.com/2013/01/7-penyebab-banjir-di-jakarta.html, Jika suka anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar